Selasa, 06 Februari 2018

Esa Unggul Wujudkan Generasi Berkarakter melalui Kegiatan Pengabdian Dosen dan Mahasiswa di Ponpes Al-Mansyuriyah

Foto Bersama Saat Kunjungan Ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah yang terletak di Kabupaten Tanggerang Banten. Dalam kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah, sejumlah Civitas Esa Unggul yang terdiri dari perwakilan yayasan, Rektorat, Dosen hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) turut menghadiri kunjungan tersebut.
Kunjungan Universitas Esa Unggul ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah dimaksudkan untuk berbagi pengalaman serta bantuan kepada segenap santri serta pengurus Ponpes Al-Mansyuriah baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Salah satu perwakilan Esa Unggul Dr.Joko Widarto mengatakan kunjungan yang disertai dengan penyerahan bantuan tersebut merupakan langkah Esa Unggul untuk menjalankan Tridharma Perguruan tinggi salah satunya melalui pengabdian kepada masyarakat.
“Dalam rangka menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yakni melalui pengabdian kepada masyarakat, Universitas Esa Unggul mengadakan Kunjungan ke Ponpes Al-Mansyuriyah, dalam kunjungan ini tema yang di pilih ialah Esa Unggul Goes To Pesantren Menuju insan pesantren Berkarakter,” tutur Joko Widarto Di Esa Unggul, beberapa waktu yang lalu.
Suasana Saat Penyuluhan Pengabdian Masyarakat di Ponpes Al-Mansyuriah
Dipilihnya tema “menuju insan Pesantren berkarakter”, joko menerangkan Esa Unggul sebagai institusi pendidikan berkewajiban untuk mencetak para generasi muda yang memiliki karakter agar tidak tergerus oleh arus moderenisasi yang semakin menghilangkan jati diri anak-anak muda Indonesia.
Untuk itu pendidikan Karakter harus dimulai sedari dini salah satunya dapat dimulai dari jenjang Pesantren. Meskipun, Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dikhususkan mempelajari agama namun karakter kebangsaan serta keindonesiaan tetap melekat pada instansi pondok Pesantren. “Untuk itu penting sekali Pesantren menjaga karakter para generasi mudanya yakni santri-santrinya agar tidak tergerus oleh moderenitas yang semakin mengkhawtirkan,” terangnya.
Dirinya pun berharap dari bantuan yang dilakukan oleh Universitas Esa Unggul melalui program pengabdian pada masyarakat ke Ponpes Al-Mansyuriah dapat memberikan manfaat terhadap kemajuan Pesantren untuk mendidik para santrinya menjadi Insan yang berkulitas dan berkarakter di masa depan.
“Mudah-mudahan kunjungan segenap Civitas Esa Unggul ke Pondok Pesantren Al-Mansyuriah dapat membantu Lembaga Pendidikan ini mengembangkan pendidikan karakter terhadap santri-santrinya serta meningkatkan kemaslahatan dan kesejahteraan tenaga pengajar di Ponpes Al-Mansyuriah,” tutupnya.
Persiapan P2M (Pengabdian Pada Masyarakat) ini dimulai pada awal Desember 2017 dan baru terlaksana pada tanggal 20 Januari 2018. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi, yaitu di Aula Pesantren, Masjid, dan Kelas. Materi penyuluhan yang disampaikan ini didasarkan atas analisis situasi di Pondok Pesantren Al Mansyuriyah dan berdasarkan permintaan kebutuhan materi yang diinginkan oleh pihak Pondok Pesantren dalam rangka menuju harapan yang diinginkan.
Tim P2M ini diketuai oleh Ernawati, SHI, MH dari Fakultas Hukum didampingi oleh Dr. Joko Widarto sebagai wakil ketuanya dan didukung oleh para dosen dan perwakilan dari BEM. Para dosen tersebut yaitu: Henry Arianto, SH, MH (FH), Fitria Olivia, SH, MH (FH), Elok Hikmawati, SH, MH (FH), Nurhayani, SH, MH (FH), Rizka Amelia Aziz, SH, MH (FH), Dr. Fajarina, S.I.P, M.Si (Fikom), Dr. Ummanah, S.Sos, M.Si (Fikom), Erwan Baharudin, S.Sos, M.Si (Fikom), Heriyanti, ST, M.Ikom (Fikom), Yumeldasari, S.Sos, M.Si (Fikom), Andi Rina Hatta, M.Psi, Psikolog, Srifianti, M.Si, Psikolog, Lista Meria, S.Kom, MM (FEB), Ir. Ritta Setiyati, MM (FEB), Novera Kristianti Maharani, SE, M.Ak, Ak. Ca (FEB), Nugroho Budhisantosa, ST, MMSI (Fasilkom), Cindy Putri Utami, Estheria, Danil Firman, Bani Hafidz Dzuhri, Ahmad Widiyan (mahasiswa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar